News

RS Parindu ambil bagian dalam Program TB DOTS

5 tahun lalu - Views : 1951

Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan komitmen untuk menjalankan Program Dinas Kesehatan RI, RS Parindu turut ambil bagian dalam Program Directly Observed Treatment Shortcourse (DOTS)  yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Tingkat I Propinsi Kalimantan Barat di Hotel Gardenia, Pontianak.

 Program DOTS merupakan program pemerintah dalam upaya penanggulangan penyakit Tubekolosis (TB). RS Parindu sendiri telah membentuk DOTS center yang akan melayani pasien penderita TB. Berdasarkan keterangan salah satu anggota Tim DOTS RS Parindu, Sari Yuliandari, S.K.M,  pertambahan penderita TB di RS Parindu sangat mengkhawatirkan. Data bulan Januari hingga Maret 2014 menunjukkan jumlah kunjungan pasien TB sebanyak 36 orang, 15 orang diantaranya dinyatakan positif menderita TB.

 Selain itu RS Parindu juga mengadakan In House Training kepada seluruh tenaga paramedisnya dengan melibatkan Puskesmas sekitar. Hal ini dilakukan sebagai upaya membangun jaringan eksternal sehingga memudahkan dalam pelayanan pasien TB untuk pengambilan obat TB dan kontrol ulang.

Sesuai berita yang dirilis oleh website Kementrian Kesehatan RI, TB menempati urutan kedua penyebab kematian di Indonesia. Setiap hari 175 orang Indonesia meninggal karena menderita TB. Penderita TB tidak perlu dikucilkan atau diisolasi dari pergaulan masyarakat, karena meskipun penyakit TB tergolong penyakit menular jika sudah mendapat pengobatan yang tepat TB bisa disembuhkan dan bisa diberantas. (fil) 

2014-03-17 12:52:18