csr


Kegiatan Donor Darah

RS Parindu melaksanakan donor darah bekerjasama dengan PMI Cabang Sanggau, Kalimantan Barat  setiap akhir tahun.  Diharapkan dari penyelenggaraan donor darah rutin tersebut mampu mencegah kekosongan stok darah di PMI dan dapat menghasilkan database pendonor yang bermanfaat pada saat timbul kondisi kegawatdaruratan.

Pendonor berasal dari Karyawan RS Parindu dan masyarakat sekitar. Jumlah pendonor mengalami peningkatan setiap tahunnya seiring dengan semakin tingginya kesadaran terhadap manfaat dari donor darah.

 

 

 

 


Kegiatan Khitanan Masal

Kegiatan CSR lain yang rutin diselenggarakan RS Parindu setiap tahun adalah khitanan massal.
Selain bertempat di RS Parindu, manajemen rumah sakit menyelenggarakan khitanan massal di daerah -  daerah sekitar rumah sakit.  Beberapa daerah yang pernah menjadi lokasi  pelaksanaan  khitanan massal antara lain :
1. Desa Sungai Alai, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
2. Desa Sungai Rosat, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat                                                     
3. Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat

 


 

Pelayanan Pengobatan Gratis

Sebagai Rumah Sakit yang terletak di wilayah perbatasan negara, RS Parindu menyadari mempunyai tanggung jawab sosial dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di perbatasan khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu. Berdasarkan hal tersebut RS Parindu melaksanakan pengobatan gratis  berlokasi di Desa Binjai Kecamatan Tayan Hulu, dan Desa Kelompu, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

 

 

 

 

 

 

Kunjungan Gubernur Kalbar ke RS Parindu


Fogging

Kalimantan Barat merupakan daerah endemi Demam Berdarah. Setiap tiga tahun sekali jumlah penderita Demam Berdarah di Kalimantan Barat mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini terjadi karena belum ada daerah yang steril atau bebas dari kasus DBD. Guna Menanggulangi hal tersebut, RS Parindu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sintang melaksanakan fogging secara rutin. Wilayah sasaran foging antara lain :  Kecamatan Meliau; Wilayah Rimba Belian Kecamatan Kapuas; Wilayah Gunung Emas Kecamatan Meliau; Wilayah Sungai Dekan Kecamatan Meliau dan Wilayah Binjai Kecamatan Tayan Hulu.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)
Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) RS Parindu menyalurkan bantuan tunai dan pinjaman lunak kepada masyarakat sekitar setiap tahunnya. Bantuan tunai yang disalurkan diperuntukkan bagi pembangunan fasilitas sosial di sekitar rumah sakit. Fasilitas sosial yang disasar adalah tempat ibadah dan fasilitas pendidikan. Sejak tahun 2011 telah tercatat sebanyak tujuh pembangunan tempat ibadah dan fasilitas sosial di sekitar RS Parindu. Sedangkan untuk pinjaman lunak RS Parindu telah memiliki mitra binaan sebanyak 45 mitra dengan total dana yang telah disalurkan sebesar satu milyar empat ratus lima puluh juta lima ratus ribu rupiah.

 

 

Bakti Sosial dalam Rangka Perayaan Hari Besar Keagamaan

Dalam wadah Ikatan Istri Karyawan-karyawati, RS Parindu  menggelar acara bakti sosial sebanyak 2 kali dalam setahun, yaitu setiap Perayaaan Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Natal. Dalam acara tersebut dibagikan paket-paket sembako, yang terdiri dari gula pasir, minyak goreng, sirup, teh celup, kopi, mie instan dan biskuit. Selain paket sembako juga diserahkan bantuan uang tunai kepada setiap kepala keluarga. Adapun sasaran kegiatan bakti sosial ini adalah masyarakat yang kurang mampu yang bermukim di sekitar RS Parindu.

Bakti sosial ini dikoordinir oleh Ny.Hendra Hadiyanta, Istri Manajer RS Parindu, yang mentargetkan selalu ada peningkatan baik dari segi kuantitas paket sembako maupun kualitas setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat khususnya di daerah perbatasan.   


.